Minggu, 03 November 2013

RESENSI BUKU PERGERAKAN NASIONAL



 
RESENSI BUKU
Judul buku : Sejarah Pergerakan Nasional ; Dari Kolonialisme Sampai Nasionalisme
Penulis : Sartono Kartodirdjo
Penerbit : PT Gramedia Jakarta
Tahun terbit : 1990
Tebal : xvi+278 halaman
ISBN : 979-403-767-2
Berakhirnya masa kolonial di tanah air Indonesia bersamaan dengan munculnya pergerakan nasional. Memang dapat disimak bahwa kegiatan-kegiatan pemerintah kolonial pada sekitar pergantian abad ke-20 sangat korelatif dengan aktivitas-aktivitas kebangkitan dan pergerakan nasional. Beberapa pergerakan nasional yang memberikan pengaruhnya bagi kemerdekaan Indonesia adalah Budi utomo (BO) yang merupakan perkumpulan dari kaum terpelajar, Sarekat Islam (SI) berlatar belakang agama, Golongan Cina dari etnis cina yang menetap di Indonesia, Persuratkabaran dan masih banyak lagi. Buku dengan judul Sejarah Pergerakan Nasional ; Dari Kolonialisme Sampai Nasionalisme sangat cocok bagi seseorang yang ingin belajar sejarah pahit manisnya perjuangan nasional dari berawalnya kedudukan massa kolonial di Indonesia hingga kemerdekaan bangsa Indonesia.
Dan demi kejelasan perspektif historis, pembahasan sejarah pergerakan nasional 1900-1942, bagian kedua, didahului oleh bagian bagian pertama: politik kolonial dari abad ke-19 dan awal abad ke-20. Disusul oleh bagian ketiga: sejarah analitik struktural, sebagai usaha penulisan sejarah baru yang mencakup stratifikasi sosial masyarakat kolonial dan sejarah analitik struktural nasionalisme Indonesia.
Kelemahan buku ini terletak pada isinya, yaitu terlalu panjang lebar dalam menceritakan sejarah massa kolonial Belanda yang menurut saya kurang berhubungan dengan judul buku ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar